"Dimanapun tempat anda menginap, kemanapun Destinasi Wisata anda di kota Garut, pastikan HDG Team yang mendampingi liburan anda!"

Minggu, 05 Oktober 2014

Kampung Naga, Tempat Wisata Populer di Garut

Selain Paket Wisata Darajat sebetulnya ada banyak sekali lokasi rekreasi yang bisa anda kunjungi diantaranya adalah Kampung Naga Tasikmalaya, disini kita bisa menikmati dan mengetahui sejarah, adat istiadat dan suasana kearifan lokal Desa Wisata dan Kampung Tradisional yang masih memegang erat adat istiadat. 

Untuk mendapatkan informasi detail dan memesan Paket Wisata Kampung Naga, para wisatawan bisa langsung menghubungi admin Pemandu Wisata di Garut HDG Team yang beralamat di website www.hoteldigarut.net.











 “Pareum Obor” itulah istilah yang sering diungkapan dalam asal-usul sejarah Kampung Naga, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Mati Lampu”. Itu berarti asal-usul sejarah kampung Naga yang tidak ada kejelasan sejarahnya, seperti tidak ada titik terang sedikitpun yang menjadikan patokan sejarah Kampung Naga. Karena masyarakat Kampung Naga-nya sendiri sepertinya kurang mengetahui lebih detail seperti apa sih asal-usul, sejarah, siapa pendiri dan apa yang melatar belakangi berdirinya Kampung Naga ini. 

Ada beberapa versi sejarah asal usul Kampung Naga tetapi masyarakat kampung Naga-nya sendiri kurang meyakini berbagai versi yang beredar. Hilangnya jejak sejarah kampung Naga mungkin ada hubungannya dengan terbakarnya arsip/ sejarah mereka pada saat pembakaran kampung naga oleh Organisasi DI/TII Kartosoewiryo. Ketika itu DI/TII membakar kampung Naga beserta arsip-arsip sejarahnya karena masyarakat kampung Naga yang lebih mendukung Presiden Soekarno. Dikarenakan masyarakat kampung Naga kurang simpati ke gerakan DI/TII maka dibakarlah perkampungan tersebut di tahun 1956. 






Secara administratif Kampung Naga berada di desa Neglasari, kecamatan Salawu, kabupaten Tasikmalaya. Berada di lembah yang sangat subur yang di lintasi oleh sungai Ciwulan. Kurang lebih berada di tengah-tengah antara Garut dan Tasikmalaya kalau melintasi jalan raya Salawu Garut-Tasikmalaya. Yang berarti secara lokasi kalau dari arah barat (Bandung atau Jakarta) lebih dekat lewat Garut di banding lewat Tasikmalaya nya sendiri. 

Sebenarnya diperjalanan ini tidak secara khusus untuk main ke Kampung Naga, tetapi ketika itu lagi pulang jalan dari Pangandaran ke Bandung melewati jalur Tasikmalaya-Garut dan kebetulan di tengah perjalanan tersebut melewati plang nama Kampung Naga. Tidak ada salahnya sambil beristirahat (walo ternyata malah lebih cape wkk) berkunjung sebentar unutk sekedar melihat-lihat seperti apa suasana kampung Naga ini.

Dalam berbagai kesempatan Family Gathering dan Paket Wisata Garut, Team HDG sebagai satu-satunya pemandu wisata yang fokus Market Wisata di Garut menyarankan Kampung Naga sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup direkomendasikan.

0 komentar:

Posting Komentar